Mengantisipasi turnover melalui kompensasi dan motivasi kerja

Endang Sugiarti(1),
(1) Universitas Pamulang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.29210/175600

Full Text:    Language : en

Abstract


Kualitas kerja merupakan salah satu intrumen utama yang menunjukan ketercapaian kinerja. Bagi perusahaan kinerja merupakan keniscayaan, yang harus diwujudkan, sebagai bukti ketercapaian tujuan. Oleh karena itu, agar tidak terjadi turover yang berkelanjutan maka perlu keterlibatan semua pihak, khususnya pimpinan. Pimpinan memiliki peran penting di dalam mempengaruhi dan mengajak seluruh karyawan untuk bekerja secara total dalam mewujudkan tujuan perusahaan. Selain itu, memberikan kompensasi dan mendorong motivasi kerja sangat penting. Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan menganalisis dan menjelaskan tentang Mengantisipasi  Turnover Melalui Kompensasi dan Motivasi Kerja Secara metodologis, penelitian ini berbasis kuantitatif dengan menggunakan statistic regresi linear berganda. Dalam mengumpulkan data, digunakan metode angket, sehingga diperoleh skala jawaban. Hasil penelitian menunjukkan, nilai hasil statistik parsial dan simultan  berada pada kategori signifikan. Artinya, perusahaan harus memberikan perhatian kepada karyawan mealalui pemberian kompensasi dan motivasi, agar tidak terjadi turover yang berkelanjutan. Hal ini di buktikan dengan hasil pengujian yang sudah dilakukan dengan hasil dari semua variable dapat di pahami bahwa, kompensasi dan motivasi dapat mempengaruhi turover baik secara parsial maupun Bersama-sama.

Keywords


Turover, kompensasi dan Motivasi

References


Andini, D. M. (2022). Pengaruh kompensasi terhadap turnover intention melalui Konflik dan komitmen sebagai variabel intervening pada Hotel Savana Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. In Education (Vol. 1093). PT Rineka Cipta. Bernard.

Cascio, W. F. (2012). Managing human resources. McGrow Hill.

Echols, J. M., & Shadily, H. (1975). An English-Indonesian Dictionary. Cornell University Press.

Fatari, F., & Wiguna, W. (2023). Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Turnover Intention Karyawan: Studi Kasus Pada Pt. Andalan Informasi Teknologi. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(1), 103–119.

Handoko, T., & Dharmmesta, B. S. (2012). Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Harnoto. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Prehallindo.

Hasibuan, M. S. . (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Revisi). Bumi Aksara.

Lauren, J. (2017). Pengaruh Kompensasi dan Komitmen Organisasional terhadap Turnover Intention dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Mediasi pada Karyawan PT.“X.” Agora, 5(1).

Malna, M. A., Rodhiyah, R., & Dewi, R. S. (2015). Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Kerja Terhadap Turnover Intention Melalui Stress Kerja Karyawan PT. Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(1), 154–165.

Masfufah, E. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Turnover Intention (Studi Pada PT Citra Perdana Kendedes Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 5(2).

MM, M. S. S. E., & MM, L. B. H. S. E. (2018). Pengaruh kompensasi, motivasi kerja dan komitmen organisasi terhadap turnover intention.

Purwati, A. A., Salim, C. A., & Hamzah, Z. (2020). Pengaruh Kompensasi, Motivasi Kerja, Dan Beban Kerja Terhadap Turnover Intention Karyawan. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(3), 370–381.

Putri, A., & Rumangkit, S. (2017). Pengaruh Ketidakamanan Kerja, Kepuasan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Turnover Intention Pada Pt. Ratu Pola Bumi (Rpb) Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Darmajaya, 1(1), 229–244.

Putrianti, A. D., Hamid, D., & Mukzam, M. D. (2014). Pengaruh kompensasi dan motivasi kerja terhadap turnover intention (Studi pada karyawan PT. TIKI Jalur Nugraha Ekakurir Pusat Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 12(2).

Rivai, V., & Jauvani, S. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Jakarta: Rajawali Pers.

Robbins, S. P., Bergman, R., Stagg, I., & Coulter, M. (2014). Management. Pearson Australia.

Sipahutar, H., Hutagalung, H., & Panggabean, N. Z. (2022). Pengaruh kompensasi dan motivasi terhadap semangat kerja karyawan pada PT. Mujur Timber Sibolga. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(2), 2139–2152.

Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Susanto, A. (2017). Sistem Informasi Akuntansi Pemahaman Konsep Secara Terpadu, edisi perdana, cetakan pertama. Bandung: Penerbit Lingga Jaya.

Tj, H. W. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kompensasi Terhadap Turnover Intention Pada PT NBK. MEDIA BINA ILMIAH, 14(2), 2123–2130.

Wahyudi, M., Mukrodi, M., Harras, H., & Sugiarti, E. (2020). Wirausaha Muda Mandiri: Learning, Sharing & Practice. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(1), 101–110.


Article Metrics

 Abstract Views : 243 times
 PDF Downloaded : 78 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.