Peran lingkungan dan budaya dalam upaya meningkatkan disiplin kerja

I Nyoman Marayasa(1),
(1) Universitas Pamulang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.29210/175500

Full Text:    Language : en

Abstract


Disiplin kerja merupakan faktor utama dalam menjalankan aktifitas pekerjaan, sehingga harapan perusahaan dapat tercapai denagn baik. Setiap perusahaan mengharapkan semua anggota yang terlibat dalam perusahaan harus disiplin dengan baik sehingga menghasilkan kinerja yang baik yang akan berdampak pada ketercapaian tujuan dan harapan perusahaan. Oleh karena itu, dibutuhkan keterlibatan semuah pihak, terutama pihak-pihak yang terdapat dalam lingkungan perusahaan itu sendiri, karena lingkungan inilah sangat mempengaruhi baik dan tidaknya perusahaan. Dari lingkungan itulah akan melahirkan budaya, yakni segala sikap dan nilai yang terdapat dalam perusahaan akan melahirkan budaya itu sendiri. Dengan demikian perlu adanya menanamkan budaya yang baik. Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan menganalisis dan menjelaskan tentang adanya peran lingkungan dan budaya dalam meningkatkan disiplin kerja. Secara metodologis, penelitian ini berbasis kuantitatif dengan menggunakan statistic regresi linear berganda. Dalam mengumpulkan data, digunakan metode angket, sehingga diperoleh skala jawaban. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa nilai lingkungan dan budaya secara parsial dan simultan  berada pada kategori signifikan. Artinya, lingkungan kerja dan budaya  dapat mendorong terciptanya disiplin kerja yang baik.

Keywords


Disiplin, Lingkungan, dan Budaya

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. In Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi VI. Rineka Cipta.

Chaerudin, A., Rani, I. H., & Alicia, V. (2020). Sumber daya manusia: pilar utama kegiatan operasional organisasi. CV Jejak (Jejak Publisher).

Dhika, H., & Destiawati, F. (2015). Perancangan Basis Data Untuk Sistem Kearsipan Pegawai Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN). Faktor Exacta, 4(3), 215–229.

Handoko, R. T. (2020). Pengaruh kompetensi kerja dan beban kerja terhadap komitmen organisasional melalui kompensasi pada pegawai negeri sipil di badan kepegawaian daerah Provinsi Jawa Timur. Universitas Airlanga.

Hasibuan, M. S. . (2016). Manajemen sumber daya manusia (Revisi). Bumi Aksara.

Lestari, S. U. (2021). Kinerja Organisasi Berbasis Budaya Organisasi dan Komunikasi : budaya organisasi, kinerja, komunikasi. Jurnal Visionida, 7(2), 133–142.

Nurmayaputri, S., & Gilang, A. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Puskesmas Bojongsoang Kabupaten Bandung. EProceedings of Management, 7(3).

Pribadi, M. L., & Herlena, B. (2016). Peran Budaya Organisasi terhadap Disiplin Kerja Karyawan Direktorat Produksi PT Krakatau Steel (Persero) Tbk Cilegon. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2), 225–234.

Putra, S. W. (2015). Pengaruh komitmen organisasi, budaya organisasi, gaya kepemimpinan dan lingkungan terhadap kinerja karyawan pada industri kecil. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 11(1), 62–77.

Sedarmayanti, S., & Rahadian, N. (2018). Hubungan Budaya Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Lembaga Pendidikan Tinggi. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 15(1), 63–77.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sutrisno, S. (2013). Pengaruh disiplin kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai negeri sipil (studi di kantor dinas sosial provinsi jawa tengah). Jurnal Ilmiah Dinamika Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 25040.

Syahyuni, D. (2018). Hubungan Antara Budaya Organisasi Dengan Disiplin Kerja Pada Badan Kepegawaian Negara Jakarta. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 155–162.

Wibowo. (2016). Manajemen kinerja (kelima). Raja Grafindo Persada.


Article Metrics

 Abstract Views : 243 times
 PDF Downloaded : 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.