Peranan motivasi dan disiplin kerja pada produktivitas karyawan

Mukrodi Mukrodi(1),
(1) Universitas Pamulang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.29210/175300

Full Text:    Language : en

Abstract


Produktifitas merupakan aktifitas yang dilakuakn seseorang untuk mendapatkan output dari proses yang sudah dilakukan Produktifitas amat sangat penting untuk dilakukan dengan baik dan maksimal agar hasil kerja yang didapat tercapai harapan perusahaan. Untuk meningkatkan produktifitas harus melibatkan berbagai macam elemen faktor mulai dari elemen faktor  yang paling kecil sampai pada elemen faktor yang paling besar. Salah satu elemen faktor yang dapat meningkatkan produktifitas karyawan adalah elemen faktor motivasi dan Disiplin, dengan elemen faktor ini diharapkan produktifitas karyawan dapat meningkat. Atas dasar  penjelasan ini, maka penelitian bertujuan untuk mengetahui peran motivasi dan disiplin kerja pada produktivitas, baik secara parsial maupun simultan.Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sempel jenuh, yang 74 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas,uji asumsi klasik, analisis regresi, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi dan disiplin kerja memiliki peran yang  signifikan terhadap produktivitas karyawan. Motivasi dan disiplin kerja secara simultan memiliki peran yang signifikan terhadap produktivitas karyawan. Sehingga ketika karyawan memiliki motivasi dan disiplin kerja yang baik maka produktivitas karyawan juga akan semakin maksimal. Namun, ketika motivasi dan disiplin kerja kurang baik maka produktivitas juga akau kurang maksimal.

Keywords


Motivasi, Disiplin Kerja, Produktivitas Karyawan

References


Afandi, A., & Bahri, S. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 235–246.

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Agustini, S. N. (2013). Pengaruh Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PT. Inti (Persero) Bandung: Studi Pada Karyawan Divisi Manajemen Sumber Daya Manusia. Universitas Pendidikan Indonesia.

Busro, M. (2018). Teori-teori manajemen sumber daya manusia. Prenada Media.

Christian, F. A., & Farida, L. (2016). Pengaruh Disiplin Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan bagian Produksi Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT. Perkebunan Nusantara V Sei Rokan Kec. Pagaran Tapah Darussalam Kab. Rokan Hulu. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(1), 1–15.

Faslah, R., & Savitri, M. T. (2013). engaruh Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pada Karyawan PT. Kabelindo Murni, Tbk. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 1(2), 40–53.

Hasibuan, M. S. . (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Revisi). Bumi Aksara.

Hasibuan, M. S. P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Produktivitas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Iriani, N. I., Due, M., & Hidayat, M. N. (2020). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Pabrik Kue Pia Ae Jaya Kota Batu). Jurnal Manajemen Bisnis (JMB), 33(1), 90–97.

Kussriyanto, B. (2012). Meningkatkan Produktivitas Karyawan, Edisi II. Jakarta: LPPM Dan Pustaka Binaan.

Mindari, E. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Pada Dinas Perkebunan Kabupaten Musi Banyuasin. Jurnal Manajemen Kompeten, 4(2), 29–38.

Rahmawati, R. (2016). Pengaruh motivasi terhadap produktivitas kerja karyawan pt permodalan nasional madani banjarmasin. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 11(1).

Salami, M. M. (2021). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Bangkit Maju Bersama, Tangerang. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 4(4), 806–815.

Simamora, H. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia, CV. Kanisius, Yogyakarta.

Simanjuntak, B., & Hamali, A. Y. (2016). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada PT. Bank BNI 1946 (Persero) Tbk. Kantor Cabang Asia Afrika Bandung.

Sinungan, M. (2018). Produktivitas apa dan Bagaimana. Bumi Aksara.

Soetrisno, E. (2016). Manajemen sumber daya manusia. Kencana.

Sugiyono, P. (2016). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. PT. Alfabeta.

Sukardi, S. (2021). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan Pada PT Capital Life Indonesia di Jakarta. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 4(1), 29–42.

Sunarsi, D. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Nadi Suwarna Bumi. Jurnal Semarak, 1(1), 66–82.

Sunyoto, D. (2015). Penelitian Sumber Daya Manusia. Jakarta: Buku Seru.

Trihudiyatmanto, M., & SE, M. M. (2017). Pengaruh Motivasi Dan Kedisiplinan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ 4 (1) Tahun 2017, 1, 20.

Usman, I. (2016). Pengaruh disiplin kerja terhadap produktivitas kerja karyawan PT. Allo Jaya di Bontang. Journal Administrasi Bisnis, 4(3), 911–922.

Winardi. (2016). Kepemimpinan dalam Manajemen (Jakarta). PT. Rineka Cipta.

Zainal, V. R., Ramly, H. M., Mutis, T., & Arafah, W. (2014). Manajemen sumber daya manusia untuk perusahaan dari teori ke praktik.


Article Metrics

 Abstract Views : 282 times
 PDF Downloaded : 86 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.