Penerapan Model Pembelajaran Saintifik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Topik Prosedur Teks Kelas IX SMP

Zul Ulya(1),
(1) SMP Negeri 4 Payakumbuh, Indonesia  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.29210/114600

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini didasarkan pada kurangnya motivasi siswa melakukan aktivitas yang mendukung kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris. Kegiatan siswa lebih banyak kurang efektif dalam belajar. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan gambaran tentang pelaksanaan model pembelajaran saintifik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas IX SMP. Penelitian ini menggunakan metode PTK untuk melakukan perbaikan terhadap pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa aktivitas siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siswa juga meningkat dan hanya 4 orang siswa yang tidak tuntas dalam belajar. Hal ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran saintifik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris dengan topik prosedur tesks.


Keywords


model pembelajaran saintifik, aktivitas, hasil belajar, prosedur teks

References


Aminah, S. (2011). PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS ANAK KELAS B DI TK AISYIYAH PANTIREJO SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Arikunto,Suharsimi.(2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Aritonang, K. T. (2008). Minat dan motivasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 11-21.

Badudu, Y. (1981). Membina bahasa Indonesia baku (Vol. 2). Pustaka Prima.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kependidikan, D. T., JENDERAL, D., KEPENDIDIKAN, P. M. P. D. T., & NASIONAL, D. P. (2008). Penilaian kinerja guru. Jakarta: Direktoral Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.

Khusniati, M. (2014). Model Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal dalam Menumbuhkan Karakter Konservasi. Indonesian Journal of Conservation, 3(1).

Komalasari, F. D., Ananthia, W., & Irianto, D. M. (2015). PENGGUNAAN CROSSWORD GAMES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN WRITING DI SEKOLAH DASAR. Jurnal PGSD Kampus Cibiru, 3(2).

Nur‘Aini, A., & Adhitama, E. (2015). RESTRUKTURISASI PENDIDIKAN GURU DI LEMBAGA PENDIDIKAN TENAGA KEPENDIDIKAN (LPTK) SEBAGAI STRATEGI MENCETAK GURU BERKUALITAS SIAP ASEAN ECONOMIC COMMUNITY (AEC).

Rahayu, S., Rasna, I. W., & Artawan, G. (2013). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PADA SISWA KELAS XII SMKN 1 DENPASAR. Jurnal Pendidikan Bahasa, 2.

Rahmatullah, M. (2011). Pengaruh pemanfaatan media pembelajaran film animasi terhadap hasil belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 178-186.

Sardiman, AM. (2010) Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slavin, E Robert. (2009). Cooperative Learning Allymand Bacon, Bandung, Nusa Media

Sosilo.(2009). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta. PUSTAKA BOOK PUBLISHER

Sudjana, Nana dan Ibrahim. (2009) Penelitian dan Penilaian Pendidikan.Bandung : Sinar Baru Algensido.

Syah, Mihibbin. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Trianto. ( 2010).Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Kencana.

Prenada Media Group.

Undang, D. (2008). Pemanfaatan Media Peta dalam Upaya Meningkatkan Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar.

Wahida, B. (2015). EKSISTENSI BAHASA ARAB DALAM DUNIA DAKWAH. Al-Hikmah, 9(1).

Zen, S. R. G. (2008). HUBUNGAN PENGETAHUAN KEBUDAYAAN PRANCIS DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA PRANCIS. BAHAS, 17(1)


Article Metrics

 Abstract Views : 556 times
 PDF Downloaded : 158 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.