Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI.IPS.1 SMAN 2 Mejayan pada Materi Fenomena Biosfer dan Persebaran Hewan Tumbuhan melalui Desain Pembelajaran Cooperative Learning

Sukidi Sukidi(1),
(1) Guru SMA Negeri 2 Mejayan, Indonesia  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.29210/114400

Full Text:    Language : en

Abstract


Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan desain pembelajaran Cooperative Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada siswa Kelas XI.IPS.1 SMA Negeri 2 Mejayan pada mata pelajaran Geografi. Lokasi penelitian ini di SMA Negeri 2 Mejayan. Hipotesis pada penelitian ini adalah dengan menggunakan desain pembelajaran Cooperative Learning pada pelajaran Geografi dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar pada siswa Kelas XI.IPS.1 SMA Negeri 2 Mejayan Tahun Pelajaran 2013/2014. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh penerapan desain pembelajaran Cooperative Learning terhadap aktivitas belajar Geografi pada siswa Kelas XI.IPS.1 SMA Negeri 2 Mejayan (2) untuk mengetahui pengaruh penerapan desain pembelajaran Cooperative Learning terhadap hasil belajar Geografi pada siswa Kelas XI.IPS.1 SMA Negeri 2 Mejayan.  Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Mejayan  pada Kelas XI.IPS.1, dengan menggunakan metode eksperimen. Variabel bebas yang diteliti yaitu desain pembelajaran Cooperative Learning, sedangkan variabel terikatnya yaitu  aktivitas belajar Geografi dan hasil belajar Geografi pada siswa kelas XI.IPS.1 SMA Negeri 2 Mejayan. Metode pengumpulan data melalui metode observasi dan metode hasil pengukuran tes. Teknik analisis data meliputi teknik analisis data kuantitatif. Melalui uji statistik dengan uji t menunjukkan aktivitas belajar berkontribusi dalam hasil belajar Geografi siswa, sedangkan baik media pembelajaran kuis interaktif maupun konvensional memberikan kontribusi yang tidak sama dalam meningkatkan hasil belajar Geografi siswa di kelas. Implikasi dari penelitian ini adalah desain pembelajaran Cooperative Learning maupun konvensional memberikan kontribusi yang tidak sama dalam meningkatkan hasil belajar Geografi, oleh karena itu perlu adanya sosialisasi media pembelajaran kuis interaktif dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan dan kecakapan Geografi siswa

 


Keywords


prestasi belajar, cooperative learning

References


Ading, A., Genjik, B., & Syahrudin, H. (2013). PENERAPAN COOPERATIF NUMBER HEAD TOGETHER MEDIA KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3).

Alawiyah, F. (2014). Kesiapan guru dalam implementasi Kurikulum 2013. Jurnal, 6.

Ali, M. (2009). Pendidikan untuk pembangunan nasional: menuju bangsa Indonesia yang mandiri dan berdaya saing tinggi. Grasindo.

Azizah, N. (2006). Perilaku moral dan religiusitas siswa berlatar belakang pendidikan umum dan agama. Jurnal Psikologi, 33(2), 94-109.

Bintarini, N. K., Marhaeni, A. A. I. N., & Lasmawan, I. W. (2012). Determinasi Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Gaya Belajar Dan Pemahaman Konsep IPS Pada Siswa Kelas IV SDN Gugus Yudistira Kecamatan Negara. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1).

Budiastuti, S. A., & Triyanto, T. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share dan Team Assisted Individualization Pada Materi Trigonometri Ditinjau Dari Minat Belajar Matematika Siswa SMK di Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2011/2012.

Dipayana, I. M. D., Japa, I. G. N., & Suarjana, I. M. (2014). Pengaruh Strategi Pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) Terhadap Hasil Belajar Matematika. MIMBAR PGSD, 2(1).

Dwi Atmanti, H. (2005). Investasi sumber daya manusia Melalui pendidikan. Jurnal Dinamika Pembangunan (JDP), 2(Nomor 1), 30-39.

Falestin, Y. (2010). Peningkatan prestasi belajar akuntansi melalui penerapan model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 6 Surakarta tahun ajaran 2009/2010 (Doctoral dissertation, UNS).

Ginting, D. A., & Arif, S. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP KEAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TIGA PANAH TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Asas: Jurnal Sastra, 4(1).

Harmini, T., & Sujadi, I. (2014). EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN TIPE GROUP INVESTIGATION PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN KUADRAT DITINJAU DARI GAYA BELAJAR KOLB PADA SISWA SMA NEGERI KELAS XHudiono, B. (2012). Peran Pembelajaran Diskursus Multi Representasi terhadap Pengembangan Kemampuan Matematika dan Daya Representasi pada Siswa SLTP. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 8(2).

Hartati, B. (2010). Pengembangan Alat Peraga Gaya Gesek untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(2), 128-132.

Krismanto, A. (2003). Beberapa teknik, model, dan strategi dalam pembelajaran matematika. Yogyakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kurniawati, D. D. (2010). Pengaruh Metode Mind Mapping dan Keaktifan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Lestari, A. W. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SMP Berbasis Kooperatif Tipe STAD pada Tema Fotosintesis di SMP Giki-3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Sains Unesa, 1(1), 1-8.

Listiana, L. (2013, October). Pemberdayaan Keterampilan Berpikir dalam Pembelajaran Biologi melalui Model Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) dan TTW (Think, Talk, Write). In Prosiding Seminar Biologi (Vol. 10, No. 1).

Marjan, J., Arnyana, I. B. P., Si, M., Setiawan, I. G. A. N., & Si, M. (2014). Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi Dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA. Mu allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pendidikan IPA, 4(1).

Miarso, Y. (2008). Peningkatan kualifikasi guru dalam perspektif teknologi pendidikan. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 66-76.

Muhtadi, A. (2005). Menciptakan iklim kelas (Classroom Climate) yang kondusif dan berkualitas dalam proses pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran.

Mulyana, A., Hidayat, S., & Sholih, S. (2016). Hubungan antara Persepsi, Minat, dan Sikap Siswa dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 19(3), 315-330.

Nugroho, A. P., Raharjo, T., & Wahyuningsih, D. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Permainan Ular Tangga Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 11-18.

Rakhmadhani, N., Yamtinah, S., & Utomo, S. B. (2013). Pengaruh Penggunaan Metode Teams Games Tournaments Berbantuan Media Teka-Teki Silang Dan Ular Tangga Dengan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa Pada Materi Koloid Kelas XI SMA Negeri 1 Simo Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(4), 190-197.

Roza, P. (2007). Pendidikan dan mutu manusia. Jurnal Sosioteknologi, 6(12), 303-308.

Sadia, I. W. (2008). Model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis (suatu persepsi guru). Jurnal pendidikan dan pengajaran Undiksha, 2(2), 19-237.

Setiarso, B. (2005, August). Strategi Pengelolaan Pengetahuan (Knowledge-Management) Untuk Meningkatkan Daya Saing UKM. In Proceeding, Seminar Nasional PESAT 2005. Universitas Gunadarma.

Shobrun, Y. (2016). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERBANTUAN AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA ISLAM AL-ULUM TERPADU (Doctoral dissertation, UNIMED).

Siswono, T. Y. (2005). Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pengajuan masalah. Jurnal terakreditasi “Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains”, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Tahun X, (1), 1-9.

Subroto, W. T. (2011). Analisis Pengaruh Pemberdayaan Pendidik Terhadap Kinerjanya dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Sekolah Dasar Kota Surabaya. Dalam Kamil dan Baehaqi. In Proceeding Temu Ilmiah dan Seminar Ilmiah Grand Desain Program Pendidkan Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Sudarisman, S. (2015). Memahami Hakikat dan Karakteristik Pembelajaran Biologi dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(1).

Sudrajat, A. (2008). Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran. Online)(http://smacepiring. wordpress. com).

Sulastri, T. (2012). Hubungan Motivasi Berprestasi dan Disiplin dengan Kinerja Dosen. Jurnal Fakultas Ekonomi: OPTIMAL, 1(1).

Sulistyowati, T. M., Gunansyah, G., & Gunansyah, G. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2).

Sani, R. A. (2014). Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013.

Suniati, N. M. S., Sadia, I. W., & Suhandana, G. A. (2013). PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TEHADAP PENURUNAN MISKONSEPSI (Studi Kuasi Eksperimen dalam Pembelajaran Cahaya dan Alat Optik di SMP Negeri 2 Amlapura). Jurnal Administrasi Pendidikan, 4(1).

Surayya, L., Subagia, I. W., Tika, I. N., & Si, M. (2014). Pengaruh model pembelajaran think pair share terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan IPA, 4(1).

Tabrani, Dkk. 1994. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.

Tilaar, H. A. R. (1998). Beberapa agenda reformasi pendidikan nasional dalam perspektif abad 21. IndonesiaTera.

Utomo, W. B. (2008). Pengaruh pemanfaatan media pembelajaran audiovisual dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran sejarah pada siswa kelas vii sekolah menengah pertama negeri di kecamatan kota kudus (Doctoral dissertation, Universitas Sebelas Maret).

Widuri, E. (2012). Perbandingan Pengajaran Dengan Menggunakan KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) Dan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Basastra, 1(1).

Yeni, E. M. (2011). Pemanfaatan Benda-Benda Manipulatif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri dan Kemampuan Tilikan Ruang Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Proceedings Simantap 2011, 1(1).


Article Metrics

 Abstract Views : 495 times
 PDF Downloaded : 108 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.