Studi Pendahuluan; Kecenderungan body dysmorphic disorder (BDD) pada mahasiswa bimbingan dan konseling

Nur Azizi Amrizon(1), Ifdil Ifdil(2), Herman Nirwana(3), Nilma Zola(4), Rima Pratiwi Fadli(5), Yola Eka Putri(6),
(1) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(4) Universitas Negeri Padang  Indonesia
(5) Institut Agama Islam Sumatera Barat  Indonesia
(6) Indonesian Institute for Counseling Education and Therapy, Padang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.29210/176900

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menginterpretasikan kondisi body dysmorphic disorder (BDD) pada mahasiswa bimbingan dan konseling. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif  dengan menggunakan instrumen wawancara, responden 10 orang, teknik analisis data  yang digunakan yaitu analisis tema (citasi dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dinyatakan keseluruhan responden merasa memiliki kekurangan atau kecacatan pada bagian tubuh yang dapat merusak penampilannya. Responden merasa tidak menarik yang mengakibatkan munculnya rasa takut ketika diberikan penilaian negatif oleh orang sekitar, responden menjelaskan kekurangan yang dirasakan pada tinggi badan, berat badan, warna kulit dan wajah yang berjerawat dan akan mencari cara untuk menutupi bagian tubuh yang dianggap kurang.

References


, S. I., & Zola, N. (2019). Kecenderungan Body Dysmorphic Disorder pada Remaja. JRTI (jurnal Riset Tindakan Indonesia), 4(2), 59–62.

Afriliya, D. F. (2018). Berpikir Positif dan Kecenderungan Body Dysmorphic Disorder pada Remaja Putri. Skripsi (Online). Yogyakarta: Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia.

Bachri, B.S .(2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 46–62.

Candra, J., & Asep, D. (2018). Hubungan Citra Diri Dengan Harga Diri Pada Siswa Body Dysmorphic Disorders Di Sekolah Luar Biasa Kartini Kota Batam. In Artikel Ilmiah Zona Keperawatan: Program Studi Keperawatan Universitas Batam, 9(1), 22-29.

Denich, A.U., & Ifdil (2015). Konsep Body Image Remaja Putri. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 3(2), 55–61.

Diana, N. N. (2019). Hubungan Self Esteem dan Self Acceptance dengan Body Dysmorphic Disorder pada Mahasiswi. Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Fardhillah, I. (2021). Hubungan Body Image dan Kebermaknaan Hidup dengan Kecenderungan Body Dysmorphic Disorder pada Mahasiswi di Universitas Putra Indonesia" YPTK" Padang. TESIS (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Gracia, F., & Akbar, Z. (2019). Pengaruh Harga Diri Terhadap Kecenderungan Body Dysmorphic Disorder Pada Remaja. JPPP-Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 8(1), 32-38.

Indrati, C.E.N., & Aprilian, E. (2018). Pengaruh Body Dysmorphix Dysorder pada Self Esteem Mahasiswa. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(1), 53–61.

Isnain, M. A. (2019). Hubungan antara Kecenderungan Body Dysmorphic Disorder dengan Perilaku Diet pada Remaja Putri. Skripsi (Online). Program Studi Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Murliana. (2019). Hubungan antara Kecenderungan Gangguan Anorexia Nervosa dengan Kecenderungan Body Dysmorphic Disorder pada Siswa SMAN 02 Sidoarjo yang Mengikuti Ekstrakurikuler Dance. Skripsi (Online). Program Studi Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Muttaqin, M. I & Asyanti, S. (2019). Keterkaitan Harga Diri Dan Penerimaan Diri dengan Kecenderungan Body Dysmorphic Disorder pada Mahasiswa. Skripsi Thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–10.

Nourmalita, M. (2016). Seminar ASEAN 2 Nd Psychology & Humanity Pengaruh Citra Tubuh terhadap Gejala Body Dismorphic Disorder yang Dimediasi Harga Diri pada Remaja Putri. In Seminar ASEAN 2nd Psychology & Humanity. Psychology Forum UMM (pp. 546-555).

Nur, H dan Daulay, N. (2020). Dinamika Perkembangan Remaja. Jakarta: Kencana.

Oz, M.C dan Roizen, M.F. (2010). Being Beautiful: Sehat dan Cantik Luar Dalam ala Dr. Oz. Bandung: Qanita. (Buku online). https://books.google.com/books?id=2MVNAWBYG_cC&printsec=frontcover&dq=Being+beautiful:+sehat+dan+cantik+luar+dalam&hl=en&newbks=1&newbks_redir=1&sa=X&ved=2ahUKEwicxI2U0ML2AhXSh-YKHQFCAjsQ6AF6BAgIEAI.

Pardede, D. N. (2019). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Kecenderungan Body Dysmorphic Disorder pada Remaja Putri di Yogyakarta. (Doctoral Dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta)., 1–8.

Phillips, K.A. (2009). Understanding Body Dysmorphic Disorder. New York: Oxford University Press.

Prakoso, I. B., Budiyani, K., & Rinaldi, M. R. (2020). Kecenderungan Body Dysmorphic Disorder dengan Kepercayaan Diri pada Mahasiswi. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi), 15(1), 56–63.

Ramdani, Z. (2021). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Body dysmorphic disorder pada Remaja. Journal of Psychological Perspective, 3(December), 53–58.

Santoso, M. V., Fauzia, R., & Rusli, R. (2019). Kecenderungan Body Dysmorphic Disorder pada Wanita. Jurnal Kognisia, 2(1), 55–60.

Santrock, J.W. (2007). Remaja: Edisi Kesebelas. Jakarta: Erlangga.

Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian. Depok: Raja Grafindo Persada.

Vivenda, G., & Hadiwono, A. (2019). Ruang Wisata Citra Tubuh. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 1(1), 540–555.

Yunistika, T. R. (2018). Hubungan Self Esteem dengan Kecenderungan Body Dysmorphic Disorder pada Mahasiswa Prodi Psikologi Islam Fakultas Psikologi UIN Raden Fatah Palembang. Skripsi online. http://eprints.radenfatah.ac.id/3371/

Yusuf, A.M. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Padang: BK FIP UNP.

Yusuf, S. (2011). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

 Abstract Views : 1167 times
 PDF Downloaded : 823 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.