Peran pelatihan dan kompensasi dalam meningkatkan disiplin karyawan

Nina Shabrina(1),
(1) Universitas Pamulang  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.29210/175400

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan terhadap disiplin karyawan, untuk mengetahui pengaruh kompensasi terhadap disiplin karyawan, serta untuk mengetahui pengaruh pelatihan dan kompensasi secara simultan terhadap disiplin karyawan pada PT Adi Pratama Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Asosiatif berupa metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh dengan sampel semua anggota populasi sebanyak 84 orang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Dari hasil analisis didapat pengaruh pelatihan terhadap disiplin karyawan yang dinyatakan dengan uji validitas, uji reabilitas, analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi berganda, koefisien determinasi, uji t, uji f, dan untuk uji asumsi klasiknya adalah uji normalitas, uji multikolonieritas, dan uji auto korelasi. Hasil analisis kedua variabel mempunyai pengaruh yang signifikan secara parsial serta simultan antara Pelatihan dan Kompensasi terhadap Disiplin pada PT Adi Pratama Indonesia. Sehingga ketika karyawan pemberian pelatihan dan kompensasi yang sesuai maka peningkatan disipilin karyawan juga akan semakin tinggi untuk diperhatikan karyawan. Namun, ketika pemberian pelatihan dan kompensasi yang tidak sesuai maka peningkatan disipilin karyawan juga akan semakin rendah untuk diperhatikan karyawan.

Keywords


Kualitas kerja, Semangat Kerja, Peran Kepemimpinan

References


Agustini, S. N. (2013). Pengaruh Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PT. Inti (Persero) Bandung: Studi Pada Karyawan Divisi Manajemen Sumber Daya Manusia. Universitas Pendidikan Indonesia.

Andry, A. (2017). Pengaruh Dimensi Kompensasi terhadap Penegakan Disiplin Kerja Pegawai Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 8(2), 775–783.

As’ari, H. (2015). Analisis Pengaruh Sebelum & Sesudah Pemberian Kompensasi Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana, 1(1), 1–13.

Fasiha, S. Z. (2021). Pengaruh Pelatihan Dan Etos Kerja Terhadap Disiplin Kerja Serta Dampaknya Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Badan Pengelolaan Pajak Daerah Kota Palembang. 021008 Universitas Tridinanti Palembang.

Juniarti, A. T. (2018). Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Terhadap Disiplin Kerja Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan PT. Taspen (Persero) Kcu Bandung. Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

Lagale, D. G., Mekkel, P. A., & Sepang, J. L. (2014). Pelatihan, disiplin kerja dan kualitas kerja terhadap prestasi kerja pada PT. PLN (Persero) area Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(2).

Maulana, I. (2020). Pengaruh tunjangan terhadap kinerja dengan kepuasan kerja sebagai variabel moderasi: Studi kasus pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan terpadu satu pintu kota Bandung. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Munthe, S. A.-A. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Pengawasan Kerja Terhadap Disiplin Karyawan Pada Badan Pengelola Pajak Dan Retribusi Daerah Upt Medan Utara.

Niswah, A. (2017). Pengaruh kompensasi terhadap disiplin kerja melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening pada Perusahaan Gangsar Snack and Foods Tulungagung. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Primayana, K. H. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Perguruan Tinggi. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(02), 7–15.

Rahman, R. W., & Nurbiyati, T. (2015). Evaluasi Pelatihan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pada Disiplin Kerja Dan Kinerja Karyawan. JBTI: Jurnal Bisnis: Teori Dan Implementasi, 6(2), 120–141.

Ronaldi, M. (2021). Pengaruh Kompensasi, Kepemimpinan Dan Promosi Jabatan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Dinas Sosial Kota Palembang. 021008 Universitas Tridinanti Palembang.

Safitri, E., Manajemen, J., & Ekonomi, F. (2013). Pengaruh pelatihan dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan. Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(4), 1044–1054.

Setiawan, A., Saerang, I., & Kojo, C. (2017). Implikasi Pemberian Kompensasi Terhadap Disiplin Kerja Pegawai (Studi Kasus Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unsrat). GOING CONCERN: JURNAL RISET AKUNTANSI, 12(2).

Sugiarti, E. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Sukses Expamet. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(2), 479–486.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sulaefi, S. (2017). Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan Terhadap Disiplin Kerja dan Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 5(1), 8–21.

Wahyudi, W. (2021). Pengaruh pelatihan terhadap kinerja karyawan yang dimediasi oleh disiplin kerja. ECo-Buss, 4(2), 265–273.

Wijaya, M., & Laili, K. S. (2018). Pengaruh Pengawasan dan Kompensasi Terhadap Disiplin Kerja Karyawan pada PT. Sari Makmur Tunggal Mandiri Medan.


Article Metrics

 Abstract Views : 263 times
 PDF Downloaded : 73 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.