The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini berdasarkan permasalahan yang terjadi disekolah bahwa guru lebih aktif dibandingkan siswa.Siswa juga kurang termotivasi dalam belajar.Hal ini disebabkan karena guru menggunakan metode ceramah.Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran PKn.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga siklus.Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa SD Negeri 05 Nanggalo Kecamatan Koto XI Tarusan kelas VI Pada semester Ganjil tahun pelajaran 2013/2014.Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar, aktivitas guru dan siswa. Hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III, yaitu siklus I (68,42%), siklus II (81,58%), siklus III (94,74%). Kemampuan guru mengelola pembelajaran meningkat dari siklus I sampai dengan siklus III.Siswa lebih dominan melakukan aktivitas dibandingkan guru.Kesimpulan dari penelitian ini adalah Metode Pembelajaran Kooperatiftipe STAD berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa kelas VI Semester Ganjil tahun pelajaran 2013/2014 serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran PKn.


Keywords


Kooperatif Model STAD;PKN; SD.