The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitas guru dalam membantu siswa memahami huruf untuk membaca.  Apalagi kepada siswa yang belum pernah mengikuti pendidikan di TK. Untuk mengatasi hal tersebut guru menggunakan kartu huruf berwarna. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan penggunaan alat peraga dalam pembelajaran membaca. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa SD kelas I pada SDN 08 Nan Sabaris. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa dengan menggunakan alat bantu berupa kartu huruf dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca dan juga dapat meningkatkan hasil belajar mereka. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data, diperoleh keberhasilan belajar pada prasiklus perolehan hasil evaluasi hanya 50,10 dan pada siklus I; 62,00%, dan pada siklus II; sebesar 82,60%. Hal ini menunjukkan ada peningkatan pembelajaran siswa dari siklus I sampai siklus II.


Keywords


Motivasi, hasil belajar, alat peraga kartu huruf, tematik