The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Hasil belajar matematika siswa tunagrahita sedang kelas IV masih rendah khususnya pada materi perkalian. Ada beberapa sebab yang membuat anak kesulitan dalam perkalian yaitu kemampuan anak dalam menjumlah kurang, dan anak tidak hafal perkalian.Saat dicobakan oleh guru dengan perkalian susun ke samping juga tetap bermasalah maka berdampaklah pada hasil belajar matematikanya.Berdasarkan hal tersebut perlu dilakukan penelitian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah proses pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan anak tunagrahita sedang dalam perkalian kesamping menggunakan metode drill?Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus.Subjek penelitian adalah siswa tunagrahita sedang kelas IV di SLBN 1 Padang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode driil dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang perkalian kesamping.Selain hasil belajar, siswa juga terlihat lebih aktif dalam belajar.


Keywords


tunagrahita ringan, metode drill, perkalian bersusun ke samping