The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi. Model pembelajaran yang digunakan lebih banyak mengaktifkan guru daripada siswa. Hal ini terlihat dari kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan, dimana guru lebih banyak berceramah dan bertanyajawab dengan siswa. Sehingga hasil belajar IPS siswa kelas VI rendah.  Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Numbered  Head Together (NHT) untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas (IPS) kelas VI di SDN 08 Nan Sabaris? Hasil analisis data diperoleh keberhasilan aktivitas  belajar pada siklus I meningkat dan hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata mencapai  68,20%, dan pada siklus II; sebesar 84,15 %. Jadi menunjukkan ada peningkatan pembelajaran siswa dari siklus I sampai siklus II. Dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Numbered  Head Together (NHT) dapat meningkatkan pemahaman materi membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga. Kerja sama siswa dalam menyelesaikan tugas secara berkelompok juga meningkat, terbukti semakin aktifnya siswa belajar dan bertanyajawab memecahkan masalah dalam kelompok dan kemampuan mengerjakan tugas kelompok semakin cepat dan sempurna.


Keywords


Hasil Belajar, Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT), Ilmu Pengetahuan Sosial