The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia. Indikator yang ingin dicapai dalam pembelajaran adalah menanamkan sikap cinta tanah air.Di samping itu kurangnya motivasi siswa dalam pembelajaran PKn yang mereka anggap membosankanhasil belajarnya masih jauh di bawah KKM.Rumusan penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode pembelajaran bermain peran untuk meningkatkan hasil belajar PKn tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia di kelas V SD Negeri 08 Nan Sabaris? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V di SDN08 Nan Sabaris. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus . Siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan, setiap akhir siklus dilakukan penilaian evaluasi sebagi tindak lanjut dari tindakan yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan  metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat mengembangkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan siswa.


Keywords


metode bermain peran, hasil belajar dan mata pelajaran PKn