The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya partisipasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA, serta guru cenderung menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 18 Sungai Limau dengan menggunakan model Examples Non Examples. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 18 Sungai Limau, yang berjumlah 16 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi partisipasi siswa, lembar observasi aktivitas guru dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase partisipasi siswa pada siklus I yaitu 55,20% meningkat menjadi 79,16% pada siklus II. Rata-rata hasil belajar IPA siswa yaitu pada siklus I yaitu 64,5 dengan persentase ketuntasan belajar 50% meningkat menjadi 72,68 dengan persentase ketuntasan belajar 75% pada siklus II. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model examples non examples dapat meningkatkan  partisipasi dan hasil belajar siswa. Peneliti menyarankan agar guru dapat menerapkan model examples non examples dalam pembelajaran IPA dengan baik.

 


Keywords


Partisipasi , Hasil, Model, Pembelajaran