The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika Standar Kompetensi Menerapkan Konsep Barisan Dan Deret Dalam Pemecahan Masalah di kelas XI AP 3 semester ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016 melalui metode pembelajaran diskusi kelompok. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 3 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan , observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi : hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian soal diakhir setiap siklus, aktifitas siswa dalam pembelajaran yang diambil dari lembar observasi. Metode yang digunakan dalam upaya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah Metode Diskusi Kelompok. Secara umum hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat diungkapkan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan nilai hasil belajar siswa. Pada kompetensi dasar sebelumnya rata-rata hitung nilai ulangan harian adalah 69,45 dengan persentase ketuntasan belajar 54,05% (20 siswa), serta banyak persentase siswa yang tidak tuntas berjumlah 45,95% (17 siswa) dari 37 orang siswa. Setelah dilakukannya penelitian ini, diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan hasil penelitian ini dalam pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Matematika agar pembelajaran menjad lebih efektif dan berkualitas di masa yang akan datang, sehingga output dari pendidikan juga lebih berkualitas.