Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI dalam Pembelajaran IPA melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Di SDN 07 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman

Nuraini Nuraini(1),
(1) Indonesia  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.29210/14100

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas  dan hasil belajar siswa kelas VI dalam pembelajaran IPA melalui pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) di SDN 07 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru dan lembar tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata persentase dari observer yang mengamati sebanyak 2 kali pertemuan adalah siswa meningkatkan aktivitas yaitu dalam kegiatan berdiskusi adalah 49,15%, siswa mempresentasikan hasil diskusi adalah 49,19%, siswa mengerjakan tes adalah 55,30%. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata persentase 37,93%. Sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata persentase dari observer yang mengamati sebanyak 2 kali pertemuan adalah siswa dalam kegiatan berdiskusi adalah 81,08%, siswa mempresentasikan hasil diskusi adalah 82,43%, siswa mengerjakan tes adalah 85,13%. Hasil belajar siswa pada siklus II diperoleh rata-rata persentase 82,35%. Ini berarti proses pelaksanaan pembelajaran IPA melalui pembelajaran kooperatif tipe group investigation berlangsung dengan baik. Hasil penelitian yang diperoleh, dapat diambil kesimpulan bahwa melalui melalui pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan aktivitas, hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN 07 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman.


Keywords


Aktivitas, Hasil Belajar, Kooperatif Tipe Group Investigation

References


Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jenjang Pendidikan Dasar. Jakarta: Depdiknas

Dimyati, Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Cetakan ke-6. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Cetakan ke-12. Jakarta: Bumi Aksara.

Maslichah, Asyari. 2006. Penerapan Pendekatan Sains- Teknologi- Masyarakat dalam Pembelajaran Sains di SD. Yogya : Universitas Sanata Dharma.

Asma, Nur. 2008. Model Pembelajaran Kooperatif. Padang: UNP Press.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana PrenadaMedia Grup

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algasindo.

Suharsimi, Arikunto, 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta

Suprijono, Agus.2009. Contectstual Learning Teori Dan Aplikasi.Surabaya

Wardani, Wihardit, Kuswaya, Nasoetion, Noehi. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.


Article Metrics

 Abstract Views : 531 times
 PDF Downloaded : 108 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.