Peningkatan Motivasi Pelaksanaan Permainan Kecil dalam Pembelajaran Penjas di Sekolah Dasar Negeri 18 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman

Lukman Lukman(1),
(1) Indonesia 

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.29210/13800

Full Text:    Language : en

Abstract


Permainan kecil merupakan salah satu bentuk materi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah dasar. Perinainan kecil memimiliki unsur-unsur gerak yang dapat memicu pertumbuhan dan perkembangan siswa. Disamping itu permainan kecil mudah dipahami siswa sehingga mudah diterapkan di sekolah dasar. Aturan yang tidak terlalu rumit, lama permainan dan fasilitas permainan yang bisa dimodifikasi turut membangkitkan keinginan siswa untuk melakukan permainan kecil. Untuk itu dilakukanlah penelitian untuk meilibat sejauh mana motivasi siswa terhadap modifikasi permainan kecil. Penelitian dilakukan terhadap 38 sampel yaitu siswa kelas IV dan Kelas V yang berada di  SD Negeri 18 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman . Penelitian ini dilakukan dengan penyebaran angket kepada siswa yang terdiri dari lima kategori jawaban yaitu sangat setuju (SS), setuju (S), tidak setuju (TS), dan sangat tidak setuju (STS) terhadap modifikasi permainan kecil. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di SD Negeri 18 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman, didapatkan 5,00% menyatakan sangat setuju terhadap modifikasi permainan kecil dalam pembelajaran pendidikan jasmani olabraga dan kesehatan, 57,57% menyatakan setuju terhadap modifikasi perniainan kecil dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, 37,24% menyatakan tidak setuju terhadap modifikasi permainan kecil dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, dan 0,20% menyatakan sangat tidak setuju terhadap modifikasi permainan kecil dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.


Keywords


Motivasi, permainan kecil, penjas

References


Alimunar. (1993). Diktat Permainan Kecil. Padang: FPOK Padang.

Arikunto. (1993). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Ahmad Thonthowi. (1991). Psikologi Pendidikan. Bandung : Angkasa

Choiri Anwar. 2008. Penggunaan Permainan Kecil Sebagai Salah Satu Cara Menunjang Perkembangan Pisik, Mental dan Intelektual Siswa Usia Sekolah Dasar Tersedia dalam http://www.indoskripsionline./?/ meg=12 (Diakses pada tanggal 07 Oktober 2009)

Hadi, Sutrisno. (1987). Statistik jilid 2. Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM.

Mudjiran, dkk. (2003)- Perkembangan Peserta Didik. Padang: Tim MXDK HP Padang UNP.

Muhajir, dkk. (2004). Pendidikan Jasmani. Bandung: Erlangga.

Slameto. (1991). Belajar don Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Soemitro. 1992. Permainan Kecil. Dikbud: Dirjen Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Pendidik

Soeningrat. 1984. Teori Permainan. Yogyakarta: Yayasan Sekolah Tinggi OlahRaga

Syamsir, S. (2016). The Influence of Public Service Motivation on Service Quality of Civil Servants in West Sumatra Indonesia. European Journal of Economics and Business Studies, 2(2), 33-41.

Surnardjati. 2005. Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Pecahan Melalui Diskusi Kelompok. Tersedia dalam http// www. Corn. Online./?/meg (Diakses pada tanggal 5 April 2009)

Winarno. (1992). Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode Dan Taktik. Bandung: Tarsito


Article Metrics

 Abstract Views : 1341 times
 PDF Downloaded : 275 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.