The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Pembelajaran bahasa Indonesia berfungsi membantu peserta didik untuk mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat dengan menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imajinatif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam Meningkatkan Keterampilan Mendeskripsikan Binatang Dengan Bahasa Tulis Menggunakan Media Gambar Binatang, Melalui Pendekatan Kontekstual. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (classromm-based action research). Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan dari siklus I dan siklus II. Siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 35 % setelah dilakukan tindakan ketuntasan belajar siswa naik menjadi 97 %. Temuan yang lain anak menjadi senang, percaya diri dalam melakukan proses pembelajaran. Dengan demikian dapat disarankan bahwa pelaksanaan pendidikan hendaknya berwawasan lingkungan karena lingkungan banyak menyediakan alat bantu yang murah, mudah didapat dan mudah dikenal anak.

Keywords


Pendekatan Kontekstual, Media Gambar Binatang; Bahasa Indonesia; SD