The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini mendeskripsikan mengenai kebutuhan afiliasi siswa. Kebutuhan afiliasi merupakan kebutuhan akan hubungan baik dengan orang lain. Kebutuhan afiliasi sangat diperlukan dalam setiap diri individu, khususnya siswa. Siswa yang dalam masa perkembangan remaja sangat memerlukan kebutuhan afiliasi. Hal ini disebabkan karena salah satu tugas perkembangan remaja ialah membina hubungan yang baik dengan sesama jenis maupun berlawanan jenis. Hal ini tentunya  penting untuk diketahui dan dipenuhi oleh siswa. Artikel ini bertujuan mendeskripsikan kebutuhan afiliasi siswa berdasarkan aspek: 1) mendekatkan diri, 2) bekerjasama, 3) membuat senang, 4) mencari afeksi, dan 5) tetap setia pada teman. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis deskriptif, dengan sampel 271 siswa. Instrumen yang digunakan ialah iventori kebutuhan afiliasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik persentase. Hasil penelitian mengungkapkan, kebutuhan afiliasi siswa berdasarkan aspek mendekatkan diri, bekerjasama, membuat senang serta tetap setia pada teman sebagian siswa berada pada kategori sedang dan kebutuhan afiliasi siswa berdasarkan aspek mencari afeksi sebagian berada pada kategori tinggi. Hasil ini menunjukkan bahwa masih ada siswa yang belum terpenuhi kebutuhan afiliasinya. Untuk itu dibutuhkan peranan guru BK dalam membantu siswa dalam memenuhi kebutuhannnya.


Keywords


kebutuhan, afiliasi