The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Fungsi pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar adalah untuk mengembangkan sikap rasional tentang gejala-gejala sosial serta wawasan tentang perkembangan masyarakat Indonesia dan dunia di masa lampau dan masa kini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah metode belajar kelompok dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran IPS di Kelas VI SD Negeri 35 Kampung Sawah Kecamatan Koto XI Tarusan Tahun Pelajaran 2013/2014?Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memperoleh gambaran tentang sejauh mana metoda belajar kelompok dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada mata pelajaran IPS di Kelas VI SD Negeri 35 Kampung Sawah Kecamatan Koto XI Tarusan Tahun Pelajaran 2013/2014.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada siswa SD Negeri 35 Kampung Sawah Kecamatan Koto XI Tarusan.Hasil penelitian menunjukan peningkatan hasil belajar siswa.Siswa yang aktif juga mengalami peningkatan.Siswa juga berpendapat bahwa pembelajaran ini dapat meningkatkan keterampilan mereka untuk berpendapat dan menyelesaikan masalah.


Keywords


Hasil Belajar, Metode Belajar Kelompok, Pembelajaran IPS