Bimbingan Teknis Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Artikel pada Guru-Guru Sekolah dasar di SD N 17 Limau Manis Padang

Mega Iswari(1*), Kasiyati Kasiyati(2), Zulmiyetri Zulmiyetri(3), Ardisal Ardisal(4),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(4) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Bimbingan Teknis ini disenggarakan dalam upaya peningkatan atau pemecahan masalah dan peningkatan mutu pendidikan di berbagai bidang. Kegiatan ini diberikan kepada Guru-guru Sekolah Dasar Negeri 17 Limau Manis Padang. Guru-guru Sekolah ini merasa kurang memahami tentang Penelitian Tindakan Kelas. Setelah diberikan pelatihan/workshop tentang Penelitian Tindakan Kelas para guru yang terlibat sudah memilik pemahaman atau pengetahuan tentang pengertian penelitian tindakan kelas, karakteristik, prinsip prinsip, langkah-langkah dan alasan pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru di sekolah dasar. Respon guru pun cenderung positif dan menilai sangat baik,  mereka mendapatkan sesuatu yang baru, hal ini terlihat dari respon positif masing-masing guru dan kepala sekolah dari Sekolah Dasar Negeri 17 Limau Manis Padang. Begitu juga pihak sekolah menyediakan waktu untuk pelaksanaan kegiatan workshop ini dan memfasilitasi tempat serta menerima kegiatan Ipteks ini dengan bersemangat, guru-guru juga mengikuti setiap sesi pelatihan dengan aktif dan antusias dalam melaksanakan kegiatan latihan mulai dari merancang proposal dan menyusun artikel hasil penelitian. Kegiatan ini perlu ditingkatkan untuk sekolah lain.


Keywords

penelitian tindakan kelas penulisan artikel guru sekolah dasar

References

Abdullah, A. G., & Ridwan, T. (2008). Implementasi Problem Based Learning (PBL) pada Proses Pembelajaran di BPTP Bandung. Prosiding UPI, 1-10.

Aqib, Zainal. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Media.

Bharoto, R. M. H. (2016). Pengaruh Perencanaan Dan Pengawasan Terhadap Efektivitas Pengelolaan Air Minum Di Perusahaan Daerah Air Minum Kota Cirebon. Publika, 1(2).

Bulan, S. G. I., Tinangon, J. J., & Mawikere, L. (2017). Pengaruh Kualitas Pengelola Keuangan dan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) terhadap Efektivitas Pengelolaan Keuangan Daerah pada Inspektorat Pemerintah Kota Manado. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern, 12(01).

Creswell J.W. (1994). Research Design: Qualitative and Quantitative Approaches, Sage Publication, Thousen Oaks.

Hidayat, M. T., & Indonesia, K. A. R. (2012). Kemampuan guru dalam mengelola kelas dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ips di mts nu astanajapura kabupaten cirebon.

Hopkins, D. (1993). A Teacher’s Guide to Classroom Recearch. Philadelphia: Open University Press.

Hulam, T. (2010). Jaminan Dalam Transaksi Akad Mudharabah Pada Perbankan Syariah. Mimbar Hukum, 22(3), 520-533.

Hutasoit, T. (2011). Pengaruh iklim organisasi, kepuasan kerja dan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru: studi empiris di SMP Negeri Kecematan Sipoholon Kabupaten Tapanuli Utara (Doctoral dissertation, UNIMED).

Manullang, J. (2017). Membangun Daya Nalar dalam Penulisan Artikel Ilmiah. Generasi Kampus, 7(1).

Muninjaya, P. D. A. G. (2002). Langkah Langkah Praktis Penyusunan Proposal dan Publikasi Ilmiah. EGC.

Nana Sudjana& Ulung Laksamana. 2001. Menyusun Karya Tulis Ilmiah Untuk Memperoleh Angka Kredit. Bandung: Sinar baru Algesindo.

Palupi, S. (2006). Peranan pengawasan dalam meningkatkan efektivitas kerja pegawai di dinas pariwisata seni dan budaya kota Surakarta tahun 2006 (Doctoral dissertation, Universitas Sebelas Maret).

Sari, N. M. I. (2016). Betacyanin Assays of Fruit Beet (Beta Vulgaris L.) with Solvent Ethanol as a Biology Learning Object Material. Indonesian Journal of Biology Education, 2(1).

Sulistio, O. (2014). Penerapan Kode Etik Jurnalistik dalam Penulisan Judul Berita Di Surat Kabar Harian Pekanbaru MX (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau).

Sumini, T. (2005). Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Profesi Guru. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Susilana, R. (2002). Penelitian Tindakan Kelas.

Syamsuri, I. (2010). Peningkatan Kompetensi Guru untuk Meningkatkan Minat Siswa pada Bidang MIPA. Makalah disampaikan dalam Lokakarya MIPAnet.

Wahdaniah, W. (2016). Pemakaian Bahasa dalam Jurnal Teknologi Politeknik Negeri Lhokseumawe. Jurnal Metamorfosa, 3(1).


Full Text: PDF

DOI: 10.29210/119700
10.29210/119700

Article Metrics

Abstract View : 176 times
PDF : 70 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.