Peningkatan pemahaman Gaya Belajar Siswa dengan Penerapan Inventori Gaya Belajar Remaja menggunakan Aplikasi Google Form dan Pemanfaatan Media Sosial

Yuyun Mashurwati(1),
(1) Madrasah Tsanawiyah Negeri 17 Jakarta, Indonesia  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.29210/118600

Abstract


Guru sebagai pendidik dewasa ini terindikasi tidak mengambil pentik aspek sensori dari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi kondisi gaya belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif  yang sumber data diambil dari bagian dari classroom action Research yang sebelumnya dilaksanakan dengan meilbatkan 36 orang siswa. Intrumen penelitian ini menggunakan Inventori Gaya Belajar Remaja memanfaatkan aplikasi google form dan disebarkan dengan memanfaatkan media social serta menggunakan self evaluasi untuk mengukur efektitas dan efisiensinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 71.32% siswa memiliki gaya belajar Visual, 63.85% gaya belajar Auditorial, dan 61.36% gaya belajar Kinestetik. Aplikasi Google form dan social media efektif dan efisien dalam membantu mengadministrasikan inventori gaya belajar. Guru dan Guru Bimbingan dan konseling diharapkan dapat memanfaatkan data ini dan melakukan proses pembelajaran sesuai dengan gaya belajar siswa untuk keperluan optimalisasi pelayanan dan peningkatan hasil belajar siswa.



Keywords


education, parental involvement, creative teaching reading, young learners

References


Agustama, Y., & Muksar, M. (2013). Identifikasi Gaya Belajar Matematika Siswa Kelas VII di SMP Negeri 14 Malang. Skripsi Sarjana Pada Universitas Negeri Malang: tidak diterbitkan.

Ardi, Z., Yendi, F. M., & Ifdil, I. (2013). Konseling Online: Sebuah Pendekatan Teknologi Dalam Pelayanan Konseling. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 1(1), 1-5.

Bire, A. L., & Bire, J. (2014). Pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 44(2).

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (Eds.). (2011). The Sage handbook of qualitative research. Sage.

Ekonomi, F., & Diponegoro, U. (2016). Fakultas ekonomi universitas diponegoro semarang 2016.

Fitri, E., Ifdil, I., & Neviyarni, S. (2016). Efektivitas layanan informasi dengan menggunakan metode blended learning untuk meningkatkan motivasi belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 2(2), 84-92.

Hala, Y., Muchtar, R., Jumadi, O., & Taiyeb, A. M. (2017). Hubungan Antara Gaya Belajar , Kemandirian Belajar , dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa, 6(2), 321–328.

Ifdil, I. (2010). Pendidikan Karakter dalam Bimbingan dan Konseling. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(2), 55-61.

Ifdil, I., & Ardi, Z. (2013). Konseling Online Sebagai Salah Satu Bentuk Pelayanan E-konseling. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 1(1), 15-22.

Ifdil, L. F., Nafsih, G., & Ardi, Z. Aplikasi Hipnosis dalam Konseling.

Kuswaya, W., & Wardani, I. G. A. K. (2008). Penelitian Tindakan Kelas.

Moloeng, L. J. (2004). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Nurlia, N., Hala, Y., Muchtar, R., Jumadi, O., & Taiyeb, M. (2017). Hubungan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2).

Prayitno, M. E. W., & Marjohan, H. M. Ifdil.(2013). Pembelajaran Melalui Pelayanan BK di Satuan Pendidikan.

Prastiti, S. D., & Pujiningsih, S. (2009). Pengaruh faktor preferensi gaya belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa akuntansi. Jurnal ekonomi bisnis, 14(3), 20-35.

Ramlah, R., Firmansyah, D., & Zubair, H. (2015). Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Survey Pada SMP Negeri di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang). Majalah Ilmiah SOLUSI, 1(03).

Riyanto, Y. (2001). Metodologi penelitian pendidikan.

Sandra, R., & Ifdil, I. (2015). Konsep Stres Kerja Guru Bimbingan dan Konseling. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(1), 80-85.

Sagitasari, D. A. (2011). Hubungan Antara Kreativitas Dan Gaya Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP (Doctoral dissertation, UNY).

Sari, N. P. (2013). Pengaruh gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. Empathy Jurnal Fakultas Psikologi, 2(1).

Sunbul, M., Gerin, F., Durmus, E., Kivrak, T., Sari, I., Tigen, K., & Cincin, A. (2014). Neutrophil to lymphocyte and platelet to lymphocyte ratio in patients with dipper versus non-dipper hypertension. Clinical and Experimental Hypertension, 36(4), 217


Article Metrics

 Abstract Views : 2481 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.