The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Pembelajaran matematika cenderung di laksanakan guru dengan pola memberi latihan setelah di jelaskan. Hal ini membuat pesertadidik kurang termotivasi untuk belajar. Hal ini terlihat dari nilai peserta didik berada di bawah KKM. Selainitu peserta didik cenderung tidak mau bertanya, terkadang setelah pahampun malas mengerjakan soal-soal latihan yang diberikan guru. Pada proses pembelajaran terlihat peserta didik jenuh dan bosan belajar  matematika. Salah satu cara yang dapat dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Pencocokan Kartu Indeks. Tujuan penelitian ini mendapatkan gambaran tentang model pembelajaran pencocokkan kartu indeks pada peserta di dikkelas IX1 SMPN. Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II yaitu 69% menjadi 77%. Sedangkan jika ditinjau dari aktivitas peserta didik pada item peserta didik yang dapat menemukan pasangan dari 63% meningkat menjadi 69%. Peserta didik yang mau memberikan  kuis 77% menurun menjadi 71%. Peserta didik yang mau menjawab pertanyaan dari peserta didik lain meningkat dari 74 menjadi 77%. Sedangkan peserta didik dapat menjawab kuis dengan benar dari 77% meningkat menjadi 83%. Hasil belajar peserta didik juga meningkat dari rata-rata 65 meningkat menjadi 75. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pencocokan kartu indeks dapat meningkatkan beberapa aktivitas dan dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik.

 


Keywords


aktivitas belajar, hasil belajar dan model pembelajaran pencocokan kartu indeks