Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika melaluiPendekatan Matematika Realistik Di Kelas VIII.3 SMP

Taslim Taslim(1*),

(1) Guru SMP Negeri 1 Baso, Kabupaten Agam
(*) Corresponding Author




Abstract

Proses pembelajaran matematika yang dilaksanakan di sekolah mempunyai  kecenderungan didominasi oleh guru. Hal ini mengakibatkan siswa kurang aktif sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar matematika siswa. Khusus di kelas VIII.3 SMP Negeri 1 Baso Kabupaten Agam dalam belajar matematika siswa kurang aktif dan hasil belajar matematikanya belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal ini disebabkan oleh model pembelajaran yang digunakan guru belum mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Untuk itu diperlukan suatu model pembelajaran matematika yang dapat mengaktifkan siswa dalam belajar matematika. Salah satu model pembelajaran yang dapat memenuhi harapan tersebut adalah  model pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik. Pendekatan matematika realistik akan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan dan mengkonstruksikan kembali konsep-konsep matematika sehingga siswa mempunyai konsep pengertian yang kuat. Selain itu melalui pendekatan ini siswa dapat mengaitkan materi matematika dalam kehidupan dunia nyata. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan pada 2 siklus sebanyak 6 kali pertemuan. Subjek penelitian siswa kelas VIII.3 SMP Negeri 1 Baso Kabupaten Agam yang berjumlah 30 orang. Berdasarkan penelitian diperoleh siswa yang mencapai KKM yang ditetapkan sebanyak 27 orang siswa yaitu 90 % dan aktivitas siswa dalam belajar meningkat secara signifikan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran dengan Pendekatan Matematika Realistik  dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII.3 SMP Negeri 1 Baso Kabupaten Agam.


Keywords

aktivitas belajar, hasil belajar, matematika realistik, matematika

References

Almash Lutfian dkk (1998). Pedoman Penelitian Tindakan Kelas. Padang: Jurusan Pendidikan Matematika PMIPA IKIP Padang

A.M, Sardiman (2003). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT. Raja Grafindo Persada Jakarta.

Dimyati dan Mudjiono (1995). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Grasindo

Dokumen Kurikulum SMP Negeri 1 Dua Koto 2009

Giorgia, Aryanti (2009) Pendekatan Matematika Realistik dalam pembelajaran Matematika (Online)(http:/ariyanti,freehostia.com.wordpress/?p=31/ diakses 5 Maret 2009

Gravemeijer (1994).Developing Realistics Matematics Education Freudental Institute Utrcht

Hamalik Oemar (2004). Proses Belajar Mengajar, Jakarta

Kristyawan, A. (2009). Peningkatan Pemahaman Konsep Luas Permukaan Serta Volume Kubus Dan Balok Melalui Model Pembelajaran Aktif Tipe Snow Ball (Ptk Pembelajaran Matematika Di Kelas Viii Semester Ii Smp Negeri 1 Nogosari) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Limpo, J. N., Oetomo, H., & Suprapto, M. H. (2013). Pengaruh Lingkungan Kelas terhadap Sikap Siswa untuk Pelajaran Matematika. HUMANITAS (Jurnal Psikologi Indonesia), 10(1), 37-48.

Mahmudi, A. (2010). Membelajarkan Geometri dengan Program GeoGebra. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (2010):” Peningkatan Kontribusi Penelitian dan Pembelajaran Matematika dalam Upaya Pembentukan Karakter Bangsa”. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Nasution. S (1995) Didaktik Asas-asas Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara

Rahmawati, F. (2013). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Realistik Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Prosiding SEMIRATA 2013, 1(1).

Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terrhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).

Soviawati, E. (2011). Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Edisi Khusus, 2(2), 79-85.

Sudjana, Nana (1989), Penilaian Hasil belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya

Sudjana, Nana (1982), Penilaian Hasil belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya

Starto, Hadi (2007) Pendidikan Matematika Realistik, Banjarmasin: Tulip

Syahbana, A. (2012). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp melalui pendekatan contextual teaching and learning. EDUMATICA| Journal Pendidikan Matematika, 2(01).

Zainure (2007) Pembelajaran Matematika Realistik (RME).Online.(http://zainure.wordpress.com/2007/04/13/pembelajaran-matematika-realistik-rme/ diakses tanggal 2 maret 2009)


Full Text: PDF

DOI: 10.29210/114500
10.29210/114500

Article Metrics

Abstract View : 198 times
PDF : 44 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.