Hubungan Persepsi Siswa tentang Proses Peminatan dengan Aspirasi Karir Siswa

Ria Febriani(1), Yulidar Ibrahim(2), Ifdil Ifdil(3),
(1) Universitas Negeri Padang, Indonesia  Indonesia
(2) Universitas Negeri Padang, Indonesia  Indonesia
(3) Universitas Negeri Padang, Indonesia  Indonesia

Corresponding Author


DOI : https://doi.org/10.29210/112400

Full Text:    Language : en

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa tentang proses peminatan, mendeskripsikan aspirasi karir siswa, dan menguji  hubungan persepsi siswa tentang proses peminatan dengan aspirasi karir siswa. Penelitian ini berbentuk deskriptif  korelasional dengan sampel 85 orang siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen persepsi siswa tentang proses peminatan dan instrumen aspirasi karir siswa yang dikembangkan oleh Afriyadi Sofyan (2013). Dari hasil penelitian diketahui sebagian besar persepsi siswa tentang proses peminatan berada pada kategori cukup baik, namun memiliki kecenderungan baik, sebagian besar aspirasi karir siswa berada pada kategori sedang, namun memiliki kecenderungan tinggi, serta terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang proses peminatan dengan aspirasi karir siswa. Perlu upaya guru BK untuk lebih  meningkatkan pemberian layanan bimbingan dan konseling, agar pelaksanaan proses peminatan dapat berjalan dengan baik sehingga dapat meningkatkan persepsi siswa tentang proses peminatan dan dapat meningkatkan aspirasi karir siswa.


Keywords


Persepsi; Proses Peminatan; Aspirasi Karir

References


Afriyadi Sofyan. 2013. Tingkat Aspirasi Karir Siswa Ditinjau Dari Jenis Kelamin, Jurusan Dan Daerah Tempat Tinggal (Peneltian di SMAN 1 Megang Sakti dan SMAN 1 Lubuklinggau). Padang: Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang. Tidak diterbitkan.

Elmirawati. 2013. Hubungan Antara Aspirasi Siswa dan Dukungan Orangtua Dengan Motivasi Belajar Serta Implikasinya Terhadap Bimbingan Konseling. Padang: Tesis Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Tidak diterbitkan.

Chaplin, J.P. 2011. Kamus Lengkap Psikologi (Alih Bahasa Oleh Kartini Kartono). Jakarta: Rajawali Pers

John W. Santrock. 2012. Life-Span Development Perkembangan Masa Hidup Edisi Ketigabelas Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Kemendikbud. 2013. Pedoman Peminatan Peserta Didik. Jakara: Badan Pengembangan SDM Pendidikan Dan Kebudayaan Dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan

Smulders, Annete. 2009. Student Career Aspirations: The Effect Of Year Of Study, Gender And Personality Traits. University of Maastricht

Yudrik Jahja. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.


Article Metrics

 Abstract Views : 1229 times
 PDF Downloaded : 532 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.